jadwal mpasi 6 bulan

Pedoman Jadwal MPASI  6 bulan yang Tepat. Ibu Wajib Tahu!

Frito – Pemberian ASI eksklusif memang sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Akan tetapi, saat bayi telah menginjak usia 6 bulan, ibu boleh memberikannya makanan pendamping sebagai pendukung ASI. Jadwal MPASI 6 bulan ini harus diberikan pada saat anak telah siap agar organ pencernaannya tidak mengalami gangguan.

Pemberian jadwal yang tepat akan berpengaruh pada pola makannya saat ia dewasa kelak. Bagaimana jadwal MPASInya yang tepat? Simak ulasannya di bawah ini;

jadwal mpasi 6 bulan

  • Pagi

Agar anak merasa bersemangat saat masa MPASI tiba, ibu bisa memberikan makanan yang beragam. Contohnya untu pagi hari, menu MPASInya dimulai dari makanan tunggal yang dihaluskan dan sedikit encer.

Apabila usianya telah bertambah ibu bisa menambah jenis makanannya menjadi 2 jenis, 3 jenis hingga 4 jenis. Makanan yang diberikan hendaknya mengandung karbohidrat, vitamin, protein dan nutrisi lain yang dibutuhkan bayi.

  • Siang

Jadwal MPASI 6 bulan saat siang hari tidak mewajibkan bayi untuk makan makanan dengan menu layaknya pagi hari. Saat pertama kali makan hingga bayi berusia setidaknya 8 bulan, jadwal makan hanya diberikan dua kali saja.

Untuk siangknya ibu bisa memberikannya camilan seperti buah atau biskuit. Jika pada saat usia 7 bulan bayi tetap merasa lapar pada siang hari, baru boleh memberikannya makan siang dengan menu berat. Tujuan diberikannya camilan saja pada saat siang untuk melatih organ cerna agar lebih siap lagi.

  • Sore/Malam

Sedangkan jadwal MPASI untuk sore atau malamnya boleh memberikannya makanan berat kembali sama seperti pagi hari. Waktu yang tepat sebaiknya antara jam 3 hingga jam 5. Selebihnya ibu bisa memberinya ASI untuk menunjang MPASInya atau ketika bayi masih merasa lapar.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan camilan sehat jika sewaktu-waktu bayi membutuhkannya. Bisa berupa buah, biskuit atau makanan sehat lainnya yang khusus untuk bayi.

Jadwal MPASI 6 bulan harus dilakukan tepat ketika bayi berusia 6 bulan. Sebab banyak kasus yang terjadi bayi diberi makan sebelum usia tersebut. Akibatnya tentu saja organ pencernaannya rusak karena belum siap. Pada masa ini ASI juga tetap harus diberikan hingga bayi berusia 2 tahun karena ASI adalah kebutuhan wajib.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *